SELAMAT DATANG DI ALL ABOUT MISTERI, ENJOY READ..


Kamis, 04 Agustus 2011

Misteri Nessie, Monster dari Danau Lochness (With Video)

Sejarah Nessie
Kesaksian-kesaksian mengenai penampakan Nessie mulai muncul pada tahun 1933, sebelumnya tak ada seorangpun yang pernah melihat monster dari danau Lochness ini, setelah muncul kesaksian-kesaksian tersebut, banyak orang yang datang berbondong-bondong ke danau Lochness untuk melihat langsung keberadaan Nessie, beberapa Evidence dihasilkan oleh para penggemar-penggemar Nessie tersebut, dan yang paling sukses adalah tim Dinsdale dan Malcolm Irvine :

Gelombang Hoax!
Yang menyedihkan popularitas Nessie mengundang gelombang hoax. Sudah wajar yang namanya hoax fotonya sering lebih bagus dari foto otentik(asli), karena obyek hoax memang bisa diatur-atur posenya, berbeda dengan Nessie sesungguhnya yang sangat sensitif... bahkan setidaknya 4 foto Nessie paling terkenal dipastikan hoax!. saking bagusnya foto-foto hoax itu orang jadi melupakan foto yang otentik, akibatnya saat foto-foto bagus itu terbukti hoax orang yang telanjur percaya jadi kecewa dan mengatakan bahwa keberadaan Nessie adalah hoax
Berikut adalah sejumlah foto hoax nessie, seperti saya katakan anda akan menjumpai justru foto foto inilah eviden yang paling populer

Hoax 1, foto model monster kecil dibuat dengan teknik yang menimbulkan siluet, perhatikan skala gelombang disekitar yang kelewat besar. foto ini terkenal dengan sebutan sugeon photo.


Hoax 2, manipulasi pada negative


Hoax 3, bukankah itu foto seekor gajah sedang berendam??, perhatikan monjong belalainya..



Hoax 4, dijuluki kepala muppet. Bodoh sekali, sejak kapan nessie bisa nyengir??


Anehnya, seringkali pembuat hoax itu belakangan mengaku padahal masyarakat sudah percaya dengan foto tersebut. Apakah mereka memang sengaja membuat orang kehilangan kepercayaan terhadap keberadaan lochness monster ?

Foto Otentik Nessie yang terlupakan

Foto otentik lochness (1933)


Seperti anda lihat, pada foto otentik memang justru tak terlihat bentuk makhluk ini. Memang foto otentik kebanyakan demikian.Seorang cryptozoolog sejati akan memotret makhluk apa adanya di alam, dalam kondisi yang seringkali amat mendadak dan tak terduga sehingga ambil posisi memotret yang baik aja gak sempat. berbeda dengan pembuat hoax yang bisa mengatur seperti apa monster itu biar kelihatan meyakinkan!. Tapi karena ini pula maka foto asli seringkali justru terlupakan dan kalah populer dibanding hoaxnya....
Eviden lain adalah footage (rekaman film) Tim Dinsdale dan Malcolm Irvine
1936 malcolm irvine footage

Malcom Irvine Video

Dua film terbaik yang konon menunjukkan bentuk nessie justeru belum dapat diungkapkan ke publik.
Pada tahun 1935 Dr Mc Rae merekam film Nessie, menurut beberapa sahabatnya film itu menunjukkan makhluk berpunuk 3, berkepala kecil, bermata kecil, ada gundukan/tanduk kecil di kepalanya, berenang dan berputar. Film ini disimpan ditempat yang aman dimana kuasa hukum dan pewarisnya mendapat amanat supaya 'tidak membuka film tersebut hingga masyarakat tak lagi memandang sebelah mata terhadap Nessie'. Hingga saat ini berbagai langkah peneliti nessie membujuk pewaris film ini belum juga berhasil.

Pada tahun 1938. Seorang banker James Currie merekam Nessie dengan kamera 150mm, namun keberadaan film itu kini masih misterius. Menurut beberapa orang yang dekat dengannya, film itu masih tersimpan di lemari besi tempat kerjanya. Hingga kini keberadaan film ini masih diupayakan untuk diperoleh.

 
EKSPEDISI LOCHNESS
Ada dua peneliti paling berpengaruh dalam riset danau Loch Ness, yaitu Tim Dimsdale dan Rines.
Tim Dinsdale lah yang pertama kali mengadakan penelitian dan pengamatan serius mengenai loch ness monster.
Keduanya melakukan riset mendalam dan menghasilkan beberapa eviden yang cukup otentik.

Pada tahun 1938 Tim Dimsdale mendapat film Nessie yang otentik, dan beruntung bahwa film tersebut tidak hilang, musnah atau dirahasiakan. Beberapa orang yang skeptis mengatakan film itu hanya sebuah kapal, namun analisis JARIC --lembaga intelijen fotografi udara inggris- menyatakan bahwa film itu otentik dan bentuk gelombang serta bayangan dibawah air bukanlah kapal. Sejauh ini film 1938 inilah film paling otentik tentang loch ness. Belakangan ini dengan teknologi digital film ini telah diperbaiki, dan menampakkan sirip-sirip dan ekor lochness. Sayang versi yang telah diperbaiki belakangan dihapus dari youtube karena alasan property right.

film tim dinsdale sebelum pengolahan ulang secara digital.

Dinsdale Team Video


Rines : Keistimewaan Rines dengan kebanyakan Loch Ness enthusiast adalah mereka melakukan penelitian langsung ke tempat dimana Loch Ness monster berada yaitu kedalaman danau Lochness yang dingin, dan banyak mengandung debris dan lumpur padat atau pohon mati yang terapung. Foto -foto Rines mengundang perdebatan. Foto yang terkenal adalah 'sirip lumba-lumba' yang memperkuat spekulasi bahwa Nessie adalah plesiosaurus. Namun foto ini ternyata hasil rekayasa dari foto asli yang sangat kabur. Foto kedua adalah foto nessie seluruh badan, namun sebagian mengkritik kurangnya kesan gerak dan tampak mirip sebatang kayu.
Foto rines


perhatikan bentuk kepala yang terlalu janggal, besar 'kaki' yang bebeda beda, saya setuju dengan sebagian analis yang mengatakan obyek ini bukanlah nessie tapi debris/kotoran/kayu yang bentuknya cukup 'menarik'

Misteri : Konon Rines juga mengambil foto sepasang Nessie, namun foto ini justeru tak dipublikasi....Apakah Rines juga menutupi keberadaan Nessie ? kenapa justeru foto yang kalau benar merupakan eviden tak terbantah yang tak dipublikasi ? dan justeru foto-foto kurang jelas yang mengundang kritik justeru dipublikasi ?

SALAH IDENTIFIKASI
misidentification sering terjadi, dimana seseorang mengaku memiliki eviden crpy, namun setelah dikaji secara ilmiah terbukti salah.
Berbeda dengan hoax, disini tak ada niat buruk untuk mencari popularitas atau mendiskreditkan satu crypt dari pembuatnya... Bahkan peneliti profesional dan kompeten seperti Rines pun melakukan kesalahan dalam identifikasi

Google-earth false-nessie


pembuatnya tidak bermaksud ngehoax, namun ini adalah foto kapal. Monster bayangannya di satelite akan terlihat hitam, bukan putih seperti ini. bentuk kepala yang seharusnya ada pada nessie juga tak terlihat. putih dibelakang adalah bentuk gelombang ombak

1990s-2000s video
Kemajuan teknologi digital menjadikan videocam menjadi murah dan terjangkau, dan hal ini amat membantu karena saat ini hanya videolah bentuk eviden terkuat (kecuali anda bisa menangkap hewan itu tentu saja).
video terbaik namun bukan tanpa kritik, bagian dimana leher (?) keluar setelah melintasi kapal agak kurang meyakinkan.


Lochness Monster


Video Lainnya :
Nessie Caught
Nessie CCTV

KESIMPULAN SEMENTARA
Foto otentik (c) richard carter


film lama Tim Dinsdale (1960) sebagian mengatakan kapal tapi riset oleh tim deepscan dan JARIC membantah pernyataan ini
Ada satu hal yang dilupakan para monster hunter. Lochness monster bukanlah danau yang terkungkung seperti kebanyakan danau lain. Sebaliknya, lochness monster lebih mirip dengna sebuah teluk yg sempit namun sangat panjang, dengan kata lain lochness monster tersambung langsung ke lautan!. Salah satu teori yang muncul belakangan ini adalah bahwa danau lochness hanya bagian dari siklus hidup nessie, sekedar tempat beristirahat atau tempat main
Teori ini menjelaskan kenapa :
1. Frekuensi kesaksian munculnya nessie relatif sedikit (yg otentik)
2. Kritik para ahli biologi bahwa danau lochness tak punya cukup ikan untuk makanan nessie (karena dia cari makan di laut lepas)
3. Populasi nessie di danau lochness terlalu sedikit untuk mempertahankan jumlah populasi (tak pernah muncul dalam jumlah lebih dari satu) -- karena pasangan hidupnya ada di laut....
4. Kemunculan Loch Ness baru di tahun 1933. Bisa jadi spesies ini tinggal di lautan dan Nessie hanya satu atau dua dari spesiesnya yang secara tak sengaja masuk ke danau Loch Ness pada tahun 1933 dan merasa nyaman berada di sana.

Kemungkinan ada makhluk di danau lochness ada ,namun berbeda dengan lake monster, kemungkinan ditemukannya kecil. Sekali lagi karena danau Lochness terhubung ke laut dan gak ada alasan kenapa Nessie harus selalu di danau ini sepanjang waktu....karena tak ada alasan kenapa nessie harus selalu di danau LochNess....bila anda seekor plesiosaurs, sekalipun sarang anda di danau lochness pasti anda lebih suka bercengkerama dan mencari makan di laut bebas yang terbentang di danau yang menjadi sarang anda.
Sejauh ini semua sighting yang othentik tak ada yang menunjukkan bahwa bentuk lochness adalah seekor plesiosaurus.
Kemungkinan monster Nessie...
1. Memang tak ada (ini tak boleh dikecualikan oleh seorang cryptozoolog yang scientific)
2. sejenis ular laut atau belut air raksasa,
kelemahan : sebagian eviden menunjukkan badan nessie
3. Makhluk prasejarah, plesiosaurs (elasmosaur)
Kelemahan teori ini :tidak ada
Keunggulan teori ini : Ini menjelaskan beragamnya kesaksian mengenai ukuran Nessie (mulai dari 3 meter hingga belasan meter). Dinosaurus berkembang ukurannya seumur hidupnya. Bahkan dinosaurus yang mencapai puluhan meter ukuran anaknya tak jauh beda dengan anak ayam.
4. Sejenis Cetacea (mammalia air -keluarga whale atau dolphin) berleher panjang.
Kelemahan teori ini : nessie tampaknya tak memiliki katup di punggungnya, dan sejauh ini belum ada mamalia laut berleher panjang.....
Keunggulan teori ini : Cetacean. Bisa berdiam di dasar laut yang dingin dan tak perlu sering ke permukaan.
5. Jenis makhluk yang belum dikenal sebelumnya.
Rines (2008) mengatakan kecemasannya bahwa Loch ness monster sudah mati (TS- lebih suka pakai istilah tak lagi ada di danau Loch Ness) karena sedikitnya pemunculan Nessie pasca 2000. (angka ini terus menurun, tahun 2009 hanya ada 2 kesaksian dan tahun 2010 hanya ada 1 kesaksian akan pemunculan nessie).

Kemungkinan lain, bisa jadi pemanasan global menyebabkan Loch Ness tak lagi merasa nyaman di danau itu dan lebih memilih berada di lautan luas diluar sana atau di air yang dingin di kedalaman danau lochness....

Lebih baik kita tunggu saja sang waktu dan bumi tercinta mengungkap faktanya kelak, bila memang harus terungkap. Atau Loch Ness memang ditakdirkan menjadi misteri selamanya....
Referensi :

5 komentar:

thedusk mengatakan...

bahasannya mantab gan,, cuman kurang di sejarah/asal-usul dari awalnya aja kali ya,, hehe

Yosivan Erlanda mengatakan...

Jadi penasaran tentang nessie. Plesiosaurus atau ular/belut raksasa?
Biarkan waktu yg menjawab

Unknown mengatakan...


ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

Dave Thames mengatakan...

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

Rai Vinsmoke mengatakan...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar